Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Wazan dan Mauzun serta tujuannya


Santri yang belajar ilmu shorrof pasti dihadapkan dengan dua istilah penting, yaitu wazan dan mauzun. Keduanya merupakan dua istilah yang tidak bisa dipisahkan, sebab dimana ada wazan pasti mauzun juga dibawa. Begitu juga sebaliknya, sehingga kadang diperdebatkan manakah yang dulu ada antara wazan dan mauzun.


Pengertian Wazan

Wazan adalah lafadz yang dijadikan timbangan (standar) untuk membandingkan huruf berharokat dengan huruf harokat yang lain dan untuk untuk membandingkan huruf mati dengan huruf mati yang lain, dengan perbandingan huruf asalnya berupa fa' fiil, ain fiil, dan lam fiil.

Wazan dasar untuk kata yang huruf asalnya ada 3 (tiga) adalah فعل dan untuk kata yang huruf asalnya 4 (empat) ialah فعلل. Selanjutnya dari wazan dasar ini dirubah baik dengan ditambahi huruf maupun hanya dirubah harokatnya saja.

Tujuan Wazan

Tujuan utama dari adanya wazan dalam sebuah kalimat ialah untuk mengetahui huruf asalnya kalimat dan huruf tambahan yang terdapat dalam kalimat tersebut serta untuk mengetahui jika dalam sebuah kalimat terdapat perubahan huruf yang disebabkan oleh harokat atau sukun.

Pengertian Mauzun

Mauzun adalah kata yang dipolakan atau dicetak berdasarkan pola. Bisa dipahami bahwa mauzun itu harus mengikuti bentuk wazannya. Kesesuaian antara mauzun dan wazan disebut dengan muthobaqah.

Penggunaan mauzun pada wazan

Adapun cara penggunaan mauzun pada wazan ialah huruf yang ada pada mauzun disejajarkan dengan huruf-huruf yang ada pada wazan, sehingga akan diketahui huruf asli dan huruf tambahan.

Contoh :              ( a )               ( b )
Wazan   =>    فَـــــــــعَـــــــــلَ         إِفْــــتَـــعَـــلَ
Mauzun =>    جَـــــــمَــــــــــعَ         إِجْـــــتَــمَــعَ

Keterangan :
  • Dalam mauzun (جَـمَـعَ), semua hurufnya asli. Karena Jim sejajar dengan Fa', Mim sejajar dengan ‘Ain, dan ‘Ain sejajar dengan Lam.
  • Dalam mauzun (إِجْتَـمَـعَ), huruf-hurufnya ada yang asli dan ada yang tambahan. Huruf Jim, Mim, ‘Ain disebut huruf asli karena sejajar dengan Fa', ‘Ain, Lam. Sedangkan, Hamzah dan Ta' disebut huruf tambahan karena tidak sejajar dengan Fa', ‘Ain, Lam.

Penjelasan Fa' Fiil, Ain Fiil, dan Lam Fiil

FA' FI’IL
Fa' fi’il ialah huruf yang ada pada mauzun yang sejajar dengan Fa'nya wazan.
Contoh : فَــــــــعَلَ
سَكَتَ : (Fa' fi’ilnya adalah س)

‘AIN FI’IL
‘Ain fi’il ialah huruf yang ada pada mauzun yang sejajar dengan ‘Ain fi’ilnya wazan.
Contoh : فَـعَـلَ
نَـصَـرَ : (‘Ain fi’ilnya adalah ص)

LAM FI’IL
Lam fi’il ialah huruf yang ada pada mauzun yang sejajar dengan Lam fi’ilnya wazan.
Contoh : فَـعَـلَ
خَـلَـقَ : (Lam fi’ilnya adalah ق)

Posting Komentar untuk "Pengertian Wazan dan Mauzun serta tujuannya"